Lomba Menulis Cerita Mini Harasi Publisher


Lomba Menulis Cerita Mini sudah dibuka! Ini kesempatanmu untuk menyuarakan imajinasi dan menyalurkan hobi menulis yang selama ini tersimpan.

Setiap tamu yang datang tanpa undangan pasti membawa cerita. Di lomba menulis kali ini, kamu ditantang untuk menuliskan cerita mini (sama seperti cerpen tapi lebih singkat) yang seru, menegangkan, emosional, atau bahkan lucu dengan tema "Tamu Tak Diundang". Bebaskan imajinasimu dan ceritakan tentang siapa atau apa yang muncul tanpa undangan atau pemberitahuan. Bisa jadi manusia, hewan, hal mistis, atau hal lainnya.

Lomba ini tidak dipungut biaya dan kamu tidak perlu melakukan pendaftaran, silakan langsung mengirim karya sesuai syarat dan ketentuan lomba. Seperti apa info lomba selengkapnya? Langsung simak di bawah ini ya.

Timeline
  1. Pengumpulan Karya: 1 – 31 Oktober 2024
  2. Tenggat: 31 Oktober 2024 pukul 23.59 WIB
  3. Penjurian: 1 – 15 November 2024
  4. Pengumuman & PO Buku (Ber-QRCBN): 16 November 2024 pukul 20.00 WIB di tautan bit.ly/pengumuman-ttd
Hadiah Pemenang
  1. Juara 1: Pulsa Senilai Rp100.000 + Voucher Penerbitan Senilai Rp300.000 + E-Piagam
  2. Juara 2: Pulsa Senilai Rp50.000 + Voucher Penerbitan Senilai Rp300.000 + E-Piagam
  3. Juara 3: Pulsa Senilai Rp25.000 + Voucher Penerbitan Senilai Rp300.000 + E-Piagam
  4. Penulis Terpilih: Voucher Penerbitan Senilai Rp100.000 + E-Piagam
Catatan: Jumlah Penulis Terpilih menyesuaikan dengan jumlah peserta yang karyanya layak lolos, hadiah Voucher Penerbitan bukan voucher untuk membeli buku hasil lomba ini (simak FAQ untuk penjelasan lengkap terkait hadiah Voucher Penerbitan)

Syarat dan Ketentuan Peserta
  1. Peserta tidak dibatasi karena lomba ini terbuka untuk semua kalangan dan jenjang usia (untuk umum).
  2. Peserta tidak dipungut biaya pendaftaran.
  3. Peserta merupakan perorangan yang mengumpulkan karya menggunakan alamat e-mail aktif milik sendiri (boleh menggunakan HP namun dianjurkan menggunakan komputer/laptop untuk menghindari kendala pengiriman karya dan sebagainya).
  4. Setiap peserta hanya boleh mengirimkan 1 karya.
  5. Peserta dipersilakan memakai nama pena, dipersilakan juga jika memakai nama asli.
  6. Peserta sudah follow IG: @harasi_publisher dan IG: @redaksi.rumahkita, serta membagikan poster lomba ini di story (sebaiknya tidak di-setting close friend)/feed Instagram dengan mention/menge-tag teman sebanyak-banyaknya termasuk akun @harasi_publisher (bagi yang punya IG).
  7. Peserta sudah like & follow Fanpage FB: Harasi Publisher dan Fanpage FB: Redaksi RumahKita, serta membagikan info lomba ini di lini masa FB (bagi yang punya FB).
Syarat dan Ketentuan Karya
  1. Karya berupa cerita mini berbahasa Indonesia dengan tema “Tamu Tak Diundang”.
  2. Karya harus orisinal, tidak sedang diikutsertakan dalam lomba lain, dan belum pernah dipublikasikan di media mana pun.
  3. Genre, sudut pandang, gaya bahasa, dan judul cerita mini silakan dibuat bebas.
  4. Cerita mini diketik rapi di kertas A4, font Times New Roman, ukuran font 12, spasi 1,5, margin normal (2,54 cm untuk kanan, kiri, atas, bawah), justify (rata kiri-kanan). Di akhir cerita mini, sertakan biodata penulis berbentuk narasi yang ditulis memakai sudut pandang orang ketiga (panjang biodata maksimal 50 kata). Contoh penyusunan karya bisa disimak di bawah ini.
  5. Panjang cerita mini minimal 300 kata, dan maksimal 500 kata (tidak termasuk judul, nama penulis, dan biodata penulis).
  6. Simpan cerita mini dengan format fail Ms. Word (doc/docx bukan PDF) dan format nama fail: Judul Karya_Nama Penulis di Karya_Nama Penulis di E-Piagam. Contoh: Nostalgia Kos Tulip_Tiwi Gabriella_Pratiwi Indah Gaby.
  7. Kirim karya dalam bentuk lampiran/attachment ke e-mail lombaharasi@gmail.com dengan subjek e-mail: Judul Karya_Nama Penulis di Karya_Nama Penulis di E-Piagam. Contoh: Nostalgia Kos Tulip_Tiwi Gabriella_Pratiwi Indah Gaby. (format subjek e-mail sama dengan format nama fail).
Kriteria PenjurianKesesuaian dengan tema.
  1. Kedalaman ide.
  2. Orisinalitas.
  3. Kerapian penulisan (PUEBI dan KBBI).
  4. Unsur intrinsik cerita mini (tokoh dan penokohan, latar, alur, sudut pandang, amanat).
Lomba ini tidak dipungut biaya dan kamu tidak perlu melakukan pendaftaran, silakan langsung mengirim karya sesuai syarat dan ketentuan lomba di tautan berikut:
atau klik link bio Instagram @harasi_publisher


Segera simak info lombanya dan kirimkan karya terbaikmu!